Makalah Bahasa Indonesia Mengenai Ruang Multimedia Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran
Daftar Isi
Pemanfaatan teknologi merupakan kebutuhan mutlak dalam dunia pendidikan (persekolahan) sehingga sekolah benar-benar menjadi ruang belajar dan tempat siswa mengembangkan kemampuannya secara optimal, dan nantinya mampu berinteraksi ke tangah-tengah masyarakatnya. Sekolah sebagai lembaga pendidikan harus mampu untuk memiliki teknologi penunjang sehingga bisa menjadikannya sebagai media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan mampu mengembangkan kecakapan personal secara optimal, baik kecakapan, kognitif, afektif, psikomotrik, emosional dan spiritualnya.
Kali ini saya membagikan Contoh Makalah Bahasa Indonesia Mengenai Ruang Multimedia Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran, untuk anda yang ingin membuat makalah bahasa indonesia langsung saja lihat di bawah ini .
Kali ini saya membagikan Contoh Makalah Bahasa Indonesia Mengenai Ruang Multimedia Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran, untuk anda yang ingin membuat makalah bahasa indonesia langsung saja lihat di bawah ini .
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi telah menjadi pemicu terhadap
upaya perubahan sistem pembelajaran di sekolah. Upaya untuk melepaskan diri
dari kungkungan pembelajaran konvensional yang memaksa anak untuk mengikuti
pembelajaran yang tidak menarik, dan membosankan.
Kondisi sekolah, senantiasa dituntut untuk terus-menerus mengikuti
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat, sehingga
sekolah yang tetap berkutat pada instruksional kurikulum hanya akan membuat
peserta didik gagap melihat realitas yang mengepungnya.
Pemanfaatan teknologi merupakan kebutuhan mutlak dalam dunia
pendidikan (persekolahan) sehingga sekolah benar-benar menjadi ruang belajar
dan tempat siswa mengembangkan kemampuannya secara optimal, dan nantinya mampu
berinteraksi ke tangah-tengah masyarakatnya. Sekolah sebagai lembaga pendidikan
harus mampu untuk memiliki teknologi penunjang sehingga bisa menjadikannya
sebagai media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan mampu mengembangkan
kecakapan personal secara optimal, baik kecakapan, kognitif, afektif,
psikomotrik, emosional dan spiritualnya.
1.2 Identifikasi
Tidak adanya motivasi mengakibatkan munculnya kebosanan akibat
pembelajaran yang saat ini terkesan monoton. Sehingga tercipta metode belajar
yang lebih menarik dan efektif. Dengan adanya ruang multimedia yang digunakan
sebagai fasilitas pembelajaran, diharapkan dapat menumbuhkan motivasi siswa
dalam proses pembelajaran.
Dengan rendahnya motivasi dan terbatasnya fasilitas dapat
mengakibatkan lambannya peningkatan mutu pendidikan.
1.3 Rumusan masalah
Pembelajaran di sekolah bertujuan untuk membangun pengetahuan
siswa dalam bidang studi atau keterampilan tertentu. Pengetahuan itu bisa
diperoleh dengan berbagai cara, namun apapun cara yang dilakukan oleh guru atau
pembimbing tidak lain hanyalah untuk “membelajarkan siswa” baik di dalam maupun
di luar kelas. Guru perlu cara yang mampu menggugah motivasi siswa untuk
belajar, karena guru dewasa ini bukanlah satu-satunya objek pembelajaran, namun
perannya lebih besar sebagai mediator transfer ilmu. Berkaca dari realita yang
ada di masyarakat umum, sebagian anak perlu diperintah untuk belajar dan lebih
suka menonton televisi. Jawabannya karena motivasi. Penyajian materi yang
disajikan melalui televisi lebih menarik daripada penyajian materi di dalam
kelas oleh guru. Penggunaan ruang multimedia merupakan pilihan yang sangat
populer saat ini sebagai wujud implementasi e-learning. Guru menggunakan
fasilitas komputer/laptop dan LCD sebagai alat bantu untuk melaksanakan pembelajaran
dan menyampaikan materi di kelas. Materi disusun dalam format presentasi atau
menggunakan pemutaran video yang berkaitan dengan materi.
Perkembangan tehnologi informasi dan komunikasi telah memberikan
pergeseran dalam pembelajaran, misalnya interaksi guru dan siswa tidak harus
dilaksanakan dengan tatap muka, tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media
yang tersedia dalam laboratorium multimedia. Perubahan demi perubahan,
khususnya dalam bidang teknologi informasi telah mengantarkan manusia memasuki
era digital.
Ruang multimedia yang dimaksudkan oleh penulis adalah ruangan yang
didalamnya terdapat beberapa komputer yang cukup representatif untuk seluruh
siswa dalam satu kelas dan sudah disetting dengan LAN (Lokal Area Network), LCD
untuk menayangkan presentasi guru, headphone di tiap komputer untuk
mendengarkan suara guru dari komputer induk (server), mikrophone dan sound
sistem yang berfungsi sebagai pengeras suara sehingga dapat terdengar oleh
seluruh siswa dalam kelas, sambungan internet, printer dan AC (Air
Conditioning) jika memungkinkan. Untuk ini memang dibutuhkan investasi awal
yang cukup besar baik dari penyediaan sarana komputer/laptop, LCD, headphone
dan lain-lain, beban operasional yang semakin besar serta biaya perawatan yang
juga mahal. Selain itu dibutuhkan kemauan serta kemampuan dari para tenaga
pendidikan untuk melakukan renovasi pembelajaran konvensional menjadi
pembelajaran yang berbasis ICT (Information Cmunication Technologi) juga siswa
sebagai subjek pembelajar yang mampu/terampil menggunakan sarana yang tersedia.
Ruang multimedia dapat digunakan untuk semua bidang studi baik untuk
menyampaikan materi melalui audio-visual (layar LCD), audio saja (headphone)
yang biasanya digunakan untuk program bahasa, menyampaikan tugas/ulangan kepada
siswa. Mengakses materi pelajaran melalui internet atau chating dengan siswa
lain di dalam ruangan itu yang tentunya lebih menarik bagi siswa dan lebih
memudahkan bagi guru untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.
1.4 Tujuan Penulisan
Makalah ini dibuat penulis ditujukan untuk :
1. Memudahkan siswa dalam menyerap dan memahami pelajaran yang
disampaikan oleh pengajar.
2. Meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis ICT (Information
Communication Technology)
3. Memberikan pilihan metode baru bagi pengajar dalam menyampaikan
materi.
BAB II
PEMBAHASAN
Ruang multimedia adalah suatu ruangan dimana terdapat berbagai
peralatan komunikasi elektronik guna menunjang proses pembelajaran. Peningkatan
mutu pembelajaran adalah bertambahnya kualitas penyampaian materi pendidikan
sehingga siswa lebih mudah dalam menangkapnya.
Standar Internasional pembelajaran berbasis ICT dapat
dilaksanakan, salah satunya dengan penggunaan ruang multimedia yang tersedia di
sekolah. Ruang multimedia yang dimaksudkan adalah ruangan yang di dalamnya
terdapat beberapa komputer yang cukup representatif untuk seluruh siswa dalam
satu kelas dan sudah disetting dengan LAN (Local Area Network), LCD untuk
menayangkan presentasi guru, headphone di tiap komputer untuk mendengarkan
suara guru dari komputer induk, mikrophone dan sound sistem yang berfungsi
sebagai pengeras suara sehingga dapat terdengar oleh seluruh siswa dalam kelas,
sambungan internet, printer, AC (Air Conditioning).
Dalam proses pembelajaran menggunakan ruang multimedia,
bentuk-bentuk informasi yang dapat ditampilkan berupa kata-kata, gambar, video,
musik, angka, atau tulisan tangan. Bagi komputer, bentuk informasi tersebut,
semuanya diolah dari data digital. Sehingga memudahkan siswa menyerap dan
mengingat materi-materi yang disampaikan dalam proses pembalajaran.
Adapun komponen yang perlu dipersiapkan untuk melaksanakan
pembelajaran berbasis ICT dengan menggunakan ruang multimedia antara lain:
• Sarana elektronik (komputer/laptop, LCD, headphone dan
lain-lain)
• Kemauan siswa dan guru untuk melakukan renovasi pembelajaran
• Sumber daya manusia (guru dan siswa)
• Kesiapan sekolah untuk menanggung beban operasional dan biaya
perawatan.
Jenis kegiatan/tugas guru yang dapat dilaksanakan dengan
menggunakan ruang multimedia antara lain:
1. Menyampaikan materi (presentasi). Salah satu bentuk tugas yang
paling sederhana yang dapat dilakukan adalah menyampaikan materi pelajaran
menggunakan media komputer/laptop dan LCD. Materi disampaikan kepada siswa
dengan menayangkan materi pada layar dan siswa dapat mengikuti bersama-sama.
Keterampilan yang dapat digunakan yaitu dengan mengolah materi menggunakan
program MS Power Point. Kemudian dapat dikembangkan lagi menggunakan program
Windows Movie Maker, Ulead VideoStudio dan lain-lain. Bahkan dengan menayangkan
video yang berhubungan dengan materi juga bisa dilakukan tanpa guru.
2. Memutar lagu/musik disela-sela kegiatan belajar siswa, misalnya
saat siswa mengakses materi pelajaran melalui internet.
3. Memutar video yang berkaitan dengan materi pembelajaran
4. Menampilkan gambar yang berkaitan dengan materi pembelajaran.
5. Mengirim informasi/pesan dari guru (komputer server) ke siswa
(komputer client).
6. Mengirim tugas/ulangan kepada siswa dan mengumpulkannya kembali
melalui komputer server.
7. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengakses materi melalui
internet.
8. Menggunakan ruang ini
sebagai laboratorium bahasa karena di dalamnya terdapat headphone yang disambungkan
dengan tiap computer dan bisa mendengar suara guru dari computer server.
Upaya membuat anak betah belajar disekolah dengan memanfaatkan
teknologi multimedia, merupakan kebutuhan, sehingga sekolah tidak lagi menjadi
ruangan yang menakutkan dengan berbagai tugas dan ancaman yang justru
mengkooptasi kemampuan atau potensi dalam diri siswa. Untuk itu, peran serta
masyarakat dan orangtua , komite sekolah merupakan partner yang dapat
merencanakan dan memajukan sekolah.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Ruang multimedia sangat berperan penting dalam peningkatan mutu
pembelajaran di suatu sekolah. Dengan adanya ruangan multimedia tersebut,
proses pembelajaran akan menjadi lebih praktis, inovatif, dan efektif.
3.2 Saran
Bagi siswa, guru dan pihak lain yang berkaitan dengan proses
pembelajaran diharapkan mampu menerapkan dan memanfaatkan ruang multimedia
sebagai metode pilihan baru dalam menyampaikan materi demi terciptanya
peningkatan mutu pendidikan.
Sekian ulasan tentang Makalah Bahasa Indonesia Mengenai Ruang Multimedia Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Semoga bermanfaat. Jangan lupa komentarnya, karena kritik dan saran dari anda sangat membantu untuk membuat artikel ini lebih baik lagi.
Baca Juga Artikel Lainnya Yang Terkait :
- Perbedaan Biografi dan Autobiografi
- Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Dalam Spanduk
- Kalimat Efektif
- Makalah Diksi (Pemilihan Kata)
Makasih, sangat bermanfaat bagi tugas z.
ReplyDelete