Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugas Bahasa Indonesia 'Paragraf Deduktif & Induktif'


Tugas Bahasa Indonesia 'Paragraf Deduktif & Induktif'
Tugaskuliah15- Kali ini saya akan membahas mengenai Paragraf Deduktif dan Induktif. Sebagai pengantar, sebaiknya kita pahami dulu apa itu paragraf .? Paragraf adalah susunan dari beberapa kalimat yang terjalin utuh, mengandung sebuah makna, dan didalamnya terdapat gagasan utama . Salah satu contoh paragraph yang dilihat dari letak gagasan utamanya adalah Paragaraf deduktif dan Induktif. Nah setelah kita tahu apa itu paragraf, sekarang kita lanjut mengenai Paragraf Deduktif dan Induktif. Simak ulasannya dibawah ini :

Paragraf Deduktif
Paragraf deduktif adalah suatu Paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal Paragraf. Paragraf ini diawali dengan pernyataan yang bersifat umum dan kemudian dilengkapi dengan penjelasan-penjelasan khusus yang berupa contoh-contoh, rincian khusus, bukti-bukti dan lain-lain. Karena Paragraf deduktif dikembangkan dari suatu pernyataan umum, maka pola kalimatnya adalah dari umum ke khusus.
Ciri-ciri kalimat deduktif
a. Kalimat utama berada di awal paragraf.
b. Kalimat disusun dari pernyataan umum yang kemudian disusul dengan penjelasan-penjelasan.

Pola Paragraf deduktif

Umum,
Khusus,
Khusus,
Khusus. 

Contoh Paragraf deduktif
Kemacetan sudah menjadi hal yang biasa di Kota Jakarta. Kemacetan tersebut diseabkan oleh beberapa faktor antara lain. Pertama, jumlah kendaraan yang ada di Jakarta tidak seimbang dengan luasnya jalan. Kedua, Kurangnya kedisiplinan bagi semua pengguna jalan raya. Ketiga, Kemunculan tempat-tempat yang menganggu lalu lintas seperti pasar, rel kereta api, pedagang kaki lima, halte yang tidak difungsikan, banjir, dan sebagainya. Yang terakhir, Ketidak tegasna aparat yang berwenang dalam menindak para pelanggar lalu lintas. 

Paragraf Induktif
Kalimat utama Paragraf induktf terletak pada bagian akhir Paragraf. Paragraf ini diawali dengan kalimat-kalimat penjelas yang berupa fakta, contoh-contoh, rincian khusus maupun  bukti-bukti yang kemudia disimpulkan atau digeneralisasikan ke dalam satu kalimat pada akhir Paragraf. Paragraf Induktif dikembangkan dari pola khusus ke umum.

Ciri-ciri kaliamat Induktif

a.    Diawali dengan penjelasan-penjelasan khusus.
b.    Kemudian, digeneralisasikan menjadi sebuah kesimpulan berdasarkan penjelasan-penjelasan khusus.
c.    Kesimpulan yang merupakan kalimat utama terdapat di akhir Paragraf. 

Pola Kalimat Induktif
Khusus,
Khusus,
Khusus,
Umum. 

Contoh Paragraf Induktif
Paragraf Induktif terdiri dari beberapa jenis yaitu :

a.    Generalisasi
Setelah ujian anak-anak di periksa, ternyata nilai mereka beragam. Sebnyak 20 siswa nilainya melebihi standar kelulusan. 10 siswa mendapat nilai tepat pada standar kelulusan, dan tidak ada seorangpun yang mendapat nilai dibawah standar. Bisa dikatakan kegiatan belajar di kelas ini cukup berhasil.

b.    Analogi
Belajar di masa tua membutuhkan usaha yang ekstra karenakan daya tangkap yang dimiliki pada masa ini sudah sangat berkurang. Bahkan motivasi yang dimiliki juga sudah melemah karena terlalu banyaknya pikiran yang mengagngu. Itulah mengapa dikatakan belajar di waktu tua seperti melukis di atas air. 

c.    Sebab-akibat
Saat ini kita sudah memasuki musim penghujan. Banyak sampah yang menumpuk akibat kita erring membuang sampah sembarangan. Terlebih lagi, mendangkalnya permukaan saat ini. Oleh karena itu, tidak mengherankan banjir selalu datang setiap hari.

d.   Perbandingan
Andi suka menolong setiap orang. Dia selalu ramah kepada siapapun. Tidak seperti adiknya Anto yang suka menjahili orang. Anto terkanal karena kenakalannya daripada prestasinya. Itulah mengapa kedua saudara ini mendapat perlakuan beda dari teman-temanya.

Sumber :

Nah, demikianlah ulasan mengenai Paragraf Deduktif dan Induktif., Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Untuk teman-teman yang menjadikan ulasan ini sebagai bahan referensi, jangan lupa mencantumkan link aktif postingan ini., Terima kasih..

2 comments for "Tugas Bahasa Indonesia 'Paragraf Deduktif & Induktif'"

  1. Materinya bagus :) Sangat bermanfaat
    Ditunggu postingan selanjutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.., senang kalau blog ini bisa bermanfaat untuk teman-teman.. dan saya akan selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk bulog ini...

      Delete