Makalah Penerapan Matematika Dalam Kehidupan Sehari-hari
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Matematika
merupakan bidang studi yang amat berguna dan banyak memberi bantuan
dalam mempelajari berbagai disiplin ilmu yang lain. Wawasan
pendidikan matematika sangat penting bagi peserta didik karena materi
ini membawa peserta kepemahaman tentang karakteristik matematika yang
memiliki objek abstrak, ber tumpu pada kesepakatan, pola pikir
dedukatif, memiliki simbol yang kosong dari arti, memperhatikan semesta
pembicaraan dan konsisten dalam sistemnya.
Tapi
kenyataan, matematika sering kali disalah artikan oleh sebagian kaum
pelajar, terkadang mata pelajaran ini dianggap sebagai mata pelajaran
yang tidak menyenangkan. Kenyataan ini tidak jarang berubah menjadi
suatu kebencian terhadap apa saja yang berhubungan dengan matematika.
Dan sebagian masyarakat menganggap bahwa matematika kurang bermanfaat
dalam kehidupan bermasyarakat. Dan tidak jarang pula timbul pertanyaan
bahwa apa sebenarnya manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari
?.Namun tanpa disadari oleh banyak kalangan pelajar dan juga oleh
kalangan masyarakat bahwa matematika memiliki manfaat yang luar biasa
dalam kehidupan manusia. Oleh
karena itu maka dapat dikatakan bahwa setiap orang memerlukan
pengetahuan matematika dalam berbagai bentuk sesuai dengan kebutuhannya.
Pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, banyak orang
mengakui peranan matematika dalam kehidupan sehari- hari maupun dalam
pengembangan ilmu pengetahuan yang lain. Namun juga perlu disadari bahwa
banyak orang yang menganggap pelajaran matematika sebagai mata
pelajaran yang sukar dan tidak menyenangkan. Hal ini dapat dilihat dari
prestasi belajar siswa dalam bidang studi matematika yang masih
memprihatinkan .
Berhitung
merupakan salah satu unit yang sangat penting sebagai dasar dalam
mempelajari matematika. Oleh sebab itu dengan belajar berhitung akan
membantu kita dalam memecahkan persoalan-persoalan yang timbul dalam
kehidupan sehari-hari. Dengan demikian maka tidak bisa dipungkiri lagi
bahwa matematika sangat diperlukan bagi setiap orang untuk membantu
menyelesaikan permasalahannya. Secara formal mata pelajaran matematika
diajarkan sejak awal kelas I SD hingga perguruan tinggi. Bahan kajian
inti matematika di SD mencakup aritmetika (berhitung), pengantar
aljabar, geometri, pengukuran dan kajian data (pengantar statistik).
Penekanan diberikan pada “penguasaan bilangan” (number sense) termasuk
berhitung. Keterampilan berhitung mempunyai peranan yang penting bagi
siswa untuk memperoleh prestasi belajar matematika yang baik. Operasi
penjumlahan dan pengurangan dipelajari oleh siswa SD sejak kelas 1.
1.2. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dari makalah ini yaitu:
1. Apa yang dimaksud dengan ilmu matematika?
2. Apa makna operasi-operasi matematika di dalam kehidupan sehari-hari?
3. Bagaiman matematika dalam kehidupan sehari-hari dan prospeknya di masa depan?
1.3. Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini, yaitu:
1. Untuk mengetahui pengertian ilmu matematika
2. Untuk mengetahui makna operasi-operasi matematika di dalam kehidupan sehari-hari
3. Untuk mengetahui matematika dalam kehidupan sehari-hari dan prospeknya di masa depan.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Matematika
Menurut
kamus besar Bahasa Indonesia pendidikan diartikan sebagai proses
pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam
usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan, proses,
perbuatan dan cara mendidik. Menurut John Dewey, pendidikan diartikan
sebagai proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara
intelektual dan emosional ke arah alam dan sesama manusia. Sedangkan
menurut S.A. Subrata, pendidikan diartikan sebagai usaha yang sengaja
diadakan baik langsung maupun tidak langsung untuk membantu anak dalam
perkembangannya mencapai kedewasaannya.
Berdasarkan
beberapa pengertian tentang pendidikan tersebut maka pendidikan dapat
diartikan sebagai kegiatan yang dilaksanakan secara langsung maupun
tidak langsung dalam upaya memberikan perubahan seseorang kearah
kedewasaan yang dilihat dari segi pola berpikir (kognitif), segi sikap
(afektif), dan segi tingkah laku (psikomotor). Pengertian matematika
menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah ilmu tentang
bilangan-bilangan, hubungan antar bilangan dan prosedur operasional yang
digunakan dalam penyelesaian masalah bilangan. Dalam perkembangannya
bilangan ini diaplikasikan ke bidang ilmu-ilmu lain sesuai
penggunaannya. Menurut James dan James (1976), matematika diartikan
sebagai ilmu logika mengenai bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsep
yang saling berubungan satu sama lainnya dengan jumlah yang terbagi ke
dalam tiga bidang yaitu aljabar, analisis, dan geometri. Sedangkan
menurut Reys dkk. (1984), matematika diartikan sebagai analisis suatu
pola dan hubungannya, suatu jalan atau pola berpikir, suatu seni, suatu
bahasa, dan suatu alat.
Berdasarkan
pengertian-pengertian tentang matematika tersebut maka matematika dapat
diartikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari bilangan dan bangun serta
konsep-konsep yang berkenaan dengan kebenarannya secara logika
menggunakan simbol-simbol yang umum serta aplikasi dalam bidang lainnya.
Pendidikan matematika dapat diartikan sebagai proses perubahan baik
kognitif, afektif, dan kognitif kearah kedewasaan sesuai dengan
kebenaran logika. Ada beberapa karakteristik matematika, antara lain :
1. Objek yang dipelajari abstrak.
Sebagian
besar yang dipelajari dalam matematika adalah angka atau bilangan yang
secara nyata tidak ada atau merupakan hasil pemikiran otak manusia.
2. Kebenaranya berdasarkan logika.
Kebenaran
dalam matematika adalah kebenaran secara logika bukan empiris. Artinya
kebenarannya tidak dapat dibuktikan melalui ekserimen seperti dalam ilmu
fisika atau biologi. Contohnya nilai √-2 tidak dapat dibuktikan dengan
kalkulator, tetapi secara logika ada jawabannya sehingga bilangan
tersebut dinamakan bilangan imajiner (khayal).
3. Pembelajarannya secara bertingkat dan kontinu.
Pemberian
atau penyajian materi matematika disesuaikan dengan tingkatan
pendidikan dan dilakukan secara terus-menerus. Artinya dalam mempelajari
matematika harus secara berulang melalui latihan-latihansoal.
4. Ada keterkaitan antara materi yang satu dengan yang lainnya.
Materi yang akan dipelajari harus memenuhi atau menguasai materi
sebelumnya. Contohnya ketika akan mempelajari tentang volume atau isi
suatu bangun ruang maka harus menguasai tentang materi luas dan keliling
bidang datar.
5. Menggunakan bahasa simbol.
Dalam
matematika penyampaian materi menggunakan simbol-simbol yang telah
disepakati dan dipahami secara umum. Misalnya penjumlahan menggunakan
simbol "+" sehingga tidak terjadi dualisme jawaban.
6. Diaplikasikan dibidang ilmu lain.
Materi
matematika banyak digunakan atau diaplikasikan dalam bidang ilmu lain.
Misalnya materi fungsi digunakan dalam ilmu ekonomi untuk mempelajari
fungsi permintan dan fungsi penawaran. Berdasarkan karakteristik
tersebut maka matematika merupakan suatu ilmu yang penting dalam
kehidupan bahkan dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Hal ini yang harus
ditekankan kepada siswa sebelum mempelajari matematika dan dipahami
oleh guru. Dari sisi siswa, pemahaman tentang manfaat matematika dalam
kehidupan sangat berperan penting. Ada pepatah "Tak kenal maka tak
sayang, tak sayang maka tak cinta". Artinya dalam proses belajar
khususnya belajar matematika, siswa harus mengenal dulu apa itu
matematika ?, bagaimana proses matematika ? untuk apa itu matematika ?.
2.2. Makna Operasi-operasi Matematika dalam kehidupan
Matematika
memang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari, namun
karena matematika memiliki sifat yang cukup abstrak sehingga sulit untuk
dapat menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari jika kita hanya
berpendidikan sarjana (yang umumnya baru tahu teorinya, belum banyak
aplikasinya). Matematika tidak hanya diterapkan dalam kehidupan seorang
matematisi proffesional, namun matematika juga kerap digunakan seorang
dokter, insinyur elektronik, programmer, insinyur sipil, insinyur mesin,
ekonom, akuntan, manajer, maupun banyak ahli bidang lain. (Lalu mengapa
yang menggunakan semua penggunanya berpendidikan sarjana ke atas,
karena sudah jelas kalau materi matematika SMA disusun untuk calon
ilmuwan berpendidikan sarjana ke atas). Adapun beberapa contoh
operasi-operasi matematika dalam kehidupan sehari-hari yaitu:
1. Operasi Matematika (Kalkulus) di Bidang Kedokteran
Semakin banyaknya orang yang mendambakan kepraktisan mengakibatkan
trend penyakit bergerser ke arah tumor dan kanker. Untuk kanker sendiri,
penyebab utamanya adalah zat karsinogenik yang biasanya terbentuk oleh
makanan yang bersentuhan dengan api secara langsung, banyak dijumpai
pada makanan yang dibakar. Ayam bakar dan kawan-kawan memang lezat,
namun kita tetap harus menjaga diri dari penyakit kanker. Berkembangnya
teknologi kedokteran menjadikan pengobatan kanker yang tadinya
menggunakan kemoterapi (yang sakitnya minta ampun), beralih ke
pengobatan dengan high energy inonizing radiation yang relatif lebih cepat, lebih efektif dan lebih nyaman (meskipun lebih mahal), salah satunya sinar-X, karena tidak mungkin tubuh manusia di bongkar pasang.
Lantas,
dimana matematika berperan? Matematika berperan dalam menghitung volume
kanker. dan koordinat-koordinatnya dengan penerapan kalkulus (bisa
integral cakram, cincin, lipat 2, bahakan lipat 3), karena umumnya sel
kanker tidak mungkin bebentuk prisma, tabung, kerucut atau limas yang
mudah sekali dihitung volumenya. Pasca itu dokter spesialis onkologi
radiasi akan menghitung persamaan intensitas laser yang digunakan (salah
hitung bisa bahaya, misal kasus pada kanker payudara, kalau salah
beberapa mm saja, atau intensitasnya kelebihan sedikit ada peluang
lasernya terkena jantung, kalau intensitas kurang, sel kanker mungkin
bisa jadi kebal).
2. Operasi Trigonometri dalam berbagai bidang
Trigonometri
merupakan alat utama ilmu ukur segitiga. Tigonometri memiliki banyak
aplikasi pada kehidupan sehari-hari, diantaranya pada bidang teknik
sipil dan astronomi. Trigonometri memili kaitan yang sangat erat dalam
kehidupan kita, baik secara langsung dan tidak langsung. Ilmu
perbintangan dan konstruksi bangunan sangat dibantu oleh hadirnya
trigonometri. Seiring perkembangan jaman, trigonometri terus
dikembangkan, dipadukan dengan disiplin kelimuan lain guna kemaslahatan
bersama. Awalnya trigonometri hadir sebagai solusi atas pemecahan
ukuran atas bangun datar-bangun datar sederhana, seiring berkembangnya
zaman trignometri kerap digunakan dalam dunia ilmu terapan (kehidupan
sehari-hari), perkembangan ilmu lain, maupun perkambangan ilmu
matematika itu sendiri. Di bawah ini, saya akan mencoba memberikan
contoh tentang aplikasi trigonometri dalam kehidupan sehari-hari, adapun aplikasinya adalah:
a. Aplikasi Trigononomerti Pada Ilmu Astronomi
Trigonometri
sangat besar manfaatnya dalam ilmu astronomi, karena ukuran benda-benda
langit tidak mungkin diukur pakaipenggari, pasti dihutug dengan bermain
skala-skala dan sudut-sudut, sehingga dapat diestimasi ukurannya secara
akurat. Rumus trigonometri sudut ganda digunakan untuk nilai-nilai
ukuran sisi akibat sudut-sudut yang tidak istimewa. Meskipun penggunaan
kalkulator diijinkan dalam penelitian, namun kalkulator umumnya tidak
mampu menganani kasus numeris yang membutuhkan ketelitian tinggi. Karena
dalam beberapa kasus numeris, perlakuan tanpa pembulatan adalah metode
terbaik.
b. Aplikasi Trigonometri pada Geografi dan Navigasi
Tabel
trigonometri diciptakan lebih dari dua ribu tahun yang lalu untuk
perhitungan dalam astronomi. Bintang-bintang dianggap tetap pada bola
kristal dengan ukuran besar, dan model yang sempurna untuk tujuan
praktis. Hanya planet berpindah bola. (Pada saat itu ada tujuh planet
yang diakui: Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, bulan, dan
matahari Mereka adalah planet-planet yang kita beri nama hari-hari kami
dalam seminggu sesudah Bumi tersebut belum dianggap sebagai.. sebuah
planet karena itu adalah pusat alam semesta, dan planet-planet luar
tidak ditemukan kemudian) jenis trigonometri yang diperlukan untuk
memahami posisi pada bola disebut trigonometri bola.. Trigonometri bola
jarang diajarkan sekarang karena tugasnya telah diambil alih oleh
aljabar linear. Meskipun demikian, satu aplikasi dari trigonometri
adalah astronomi. Seperti bumi juga bola, trigonometri digunakan dalam
geografi dan navigasi. Ptolemy (100-178) yang digunakan trigonometri
pada geografi dan menggunakan tabel trigonometri dalam karya-karyanya.
Columbus membawa salinan dari Regiomontanus ‘Ephemerides Astronomicae
pada perjalanan ke Dunia Baru dan menggunakannya untuk keuntungannya.
c. Aplikasi matematika (trigonometri) pada teknik sipil
Seorang
insinyur sipil hendaknya memiliki kemapuan untuk melakukan pembangunan
di medan yang tidak biasa (miring, lautan dan lain-lain dll). Seperti
halnya para dokter spesialis onkologi radiasi yang biasa dibantu para
ahli dosimetri, maka insinyur sipil dibantu seorang surveyor. Tugas
surveyor untuk melakukan pengamatan terhadapsistem geometris tanah yang
kompleks (apalagi jika pembangunan akan dilakukan di laut). Selain di
bidang ilmu astronomi, trigonometri juga sangat erat kaitannya dengan
pekerjaan seorang surveyor (ahli ilmu ukur tanah). Pengukuran
tanahadalah suatu cabang ilmu alam untuk menentukan posisi ruang dimensi
tiga dari suatu tempat pada permukaan bumi. Hasil pengukuran tanah yang
diperleh antara lain digunakan untuk membuat peta topografi dari bumi
untuk menentukan luas wilayah suatu daerah. Dalam sistem undang-undang
agraria zaman sekarang, koordinat eksak batas negara adalah suatu hal
yang sangat penting agar batas negara tidak bergeser, seperti yang
sering diangkat di media. Para engineer, khusunya ahli sipil, lebih khususnya lagi ahli geodesi, sangat bergantung pada seorangsurveyor. Ketika
seorang insinyur membuat perencanaan pembangunan suatu proyek, seperti
pembangunan jalan raya, jembatan, bendungan, gedung bertingkat, dll
peran surveyor sangat diperlukan. Mirip kalitannya dengan ahli dosimetri dengan dokter spesialis penyakit onkologi. Seorang suveyor juga
harus mempersiapkan untuk input data mengenai permukaan bumi dan tanah,
setelah itu data diinput pada suatu sistem informasi yang diberi naman
GIS (Geographical Information System). Tidak jarang pengamatan
untuk menghitung kemingan jalan raya, rel kereta api, dan jembatan,
Keahlian trigonometri seorang surveyor sangat mempermudah pekerjaannya
sehingga beliau tak perlu terjun langsung ke medan-medan sulit.
3. Aplikasi Matematika (Peluang) pada ilmu Ekonomi
Aplikasi
metematika pada bidang ekonomi yang ingin saya bahas kali ini adalah
ilmu peluang, dengan ilmu ini kita belajarmenghitung peluang di berbagai
kasus asuransi, ilmu yang membahas tentang ini disebut aktuaria,
dan ahlinya disebut aktuaris. Aktuaris adalah sebuah pekerjaan dengan
skill elite, dikarenakan konsep aktuaris yang cukup memerlukan
pengetahuan bidang matematika dan statistik secara mendalam. Oleh karena
itu, sejumlah negara memutuskan untuk membuat lembaga khusus untuk
mendidik calon aktuaris dan mengujinnya dalam ujian profesi aktuaris.Di
Indonesia sendiri lembaga ini dikenal dengan nama Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI). Ilmu aktuaria merupakan
ilmu gabungan antara ilmu peluang, matematika, statistika, keuangan,
dan pemrograman komputer. Studi dari website pencarian kerja CareerCast
menempatkan actuaria sebagai #1 job di Amerika Serikat Studi ini
menggunakan lima kriteria kunci untuk mengurutkan rangking pekerjaan:
lingkungan, pendapatan, prospek kerja, dampak fisik, and stress. Tren
matematikawan memang diprediksikan akan naik pesat pada 2014.
4. Operasi matematika (Program Linear) pada Ilmu Manajemen
Jika di SMA dipelajari trntang program linear, maka di tingkat perguruan tinggi ada cabang yang lebih luas, yaitu riset operasi. Mungkin
anda sering mendengar kata “manajer operasional suatu perusahaan”.
Manajer operasional bertugas melakukan manajemen terhadap
kegiatan-kegiatan operasional. Manajemen operasi, adalah suatu cabang
dari matematika terapan yang cenderung interdisipliner. Ilmu riset operasi menggabungkan
antara teori matematika dan manajemen. Pendekatan yang dilakukan dengan
pendekatan permodelan matematika, analisis stastistik, dan teori
optimasi matematis. Rumusan masalah pada riset operasi dibagi
dalam dua kelompok besar yaitu: meminimumkan, dan memaksimumkan. Untuk
masalah meminimumkan biasanya yang diminumkan adalah biaya distribusi,
biaya produksi, jarak tempuh, dll. Sedangkan pemaksimalan bertujuan
memaksimalkan keuntungan, jumlah barang produksi, dll. Adapun
metode-metodenya pernah saya bahas di sini.
5. Operasii Matematika (Kombinatorika) pada Ilmu Pemrograman
Maraknya
game online sepuluh tahun terakhir ini menjadi alternatif pemasukan
yang luar biasa bagi anak muda yang menggeluti bidang ini dengan baik.
Dalam matematika teori permainan mengalami perkembangan super pesat
pasca John Nash Meraih Nobel pada 1994, beliau mencipatakan model matematika sistem
otaomasi yang akhirnya begitu berkembang saat ini. Karya beliau
memberikan inspirasi baru bagi dunia game yang akhirnya lahirlah Winning
Eleven, oleh perusahan elektronok raksasa Jepang, SONY. Karya beliau
telah berkembang luar biasa dan diterapakan ke dalam banyak sisi otoasi
komputerisasi jaman sekarang, termasuk trensformasi geometri digital
yang dihadirkan oleh Steve Jobs pada produk-produknya.
6. Operasi Aljabar di dalam Berbagai Bidang
a. Penerapan Aljabar bagi siswa
Tentu
saja, manfaat Aljabar bagi para pelajar adalah agar nilai ulangan
Matematika tidak jatuh saat diberi soal Aljabar. Dan sebagai tambahan
nilai untuk nilai kelulusan. Selain itu, manfaat Aljabar yang sering
diterapkan siswa adalah untuk memanajemen uang saku yang diberikan orang
tua tiap minggu. Contoh penerapan aljabar dalam hal ini sebagai
berikut: Misalnya, uang saku kita sebesar Rp 70.000,00 setiap minggu.
Karena setiap hari Selasa dan Rabu ada pelajaran tambahan, serta hari
Jumat ada kegiatan ekstra kurikuler pada pukul 14.20 WIB sedangkan
setelah pulang sekolah kita tidak pulang dahulu (langsung lanjut belajar
tambahan) maka dibutuhkan uang makan + uang jajan sebesar Rp 10.000,00.
Nah, kita kebingungan menentukan uang saku setiap hari selain Selasa,
Rabu, dan Jum’at selama satu minggu jika dalam satu minggu itu kita
ingin menabung uang sebesar Rp 25.000,00. Dengan bantuan aljabar kita
dapat menentukan uang saku kita per hari.
Cara mengerjakan menggunakan Aljabar:
Kita
anggap uang saku kita per hari (selain Selasa, Rabu, dan Jumat karena
sudah ada jatahnya, yaitu Rp 10.000,00) dengan x. Maka,
Rp 70.000 = (uang saku 1 minggu)
Rp 25.000 = (uang tabungan selama 1 minggu)
70.000 – 25.000 = (3 X 10.000) + 1(6x -3x)
Rp 45.000 = Rp 30.000 + 1(3x)
Rp 45.000 = Rp 30.000 + 3x
Rp 45.000 – Rp 30.000 = 3x
Rp 15.000 = 3x
x = Rp 15.000/3
x = Rp 5.000
{Mengapa (3 X 10.000)? 3 berasal dari Hari Selasa, Rabu, dan Jumat dalam satu Minggu. Berarti kan ada 3 hari}
{Mengapa
1(6x – 3x)? 1 berasal dari 1 minggu sedangkan 6x – 3x berasal dari 6
hari dalam satu Minggu kecuali Minggu karena libur, dikurangi 3 hari
(Selasa, Rabu, dan Jumat karena telah dijatah)}
Jadi,
uang saku per hari yang kita gunakan selain Selasa, Rabu, dan Jumat
(sekali lagi karena telah dijatah) dan selain Minggu (karena libur)
maksimal sebesar Rp 5.000,00. Tidak boleh lebih tetapi boleh kurang
(hehe, sebagai tambahan tabungan). Boleh lebih tetapi harus konsekuen,
yaitu mengurangi jatah uang saku di hari berikutnya. Intinya silakan
diatur sendiri ya uang saku dari ortu, latihan jadi menteri keuangan
untuk diri sendiri.
b. Penerapan Aljabar bagi Ibu Rumah Tangga
Manfaat
aplikasi Aljabar bagi Ibu Rumah Tangga adalah untuk memanajemen uang
gaji, uang saku anak, uang sekolah anak, dll. Contoh memanajemen uang
bagi Ibu Rumah Tangga adalah sebagai berikut:
Seorang
Ibu setiap bulan mendapat gaji sebesar Rp 2.000.000,00. Ia diberi uang
tambahan dari suaminya sebesar Rp 4.000.000,00 per bulan. Dibutuhkan Rp
1.000.000,00 untuk uang belanja per bulan. Uang kesehatan Rp 500.000,00
dan uang sekolah total dari ke-2 anaknya sebesar Rp 3.000.000,00. Sang
Ibu bingung, berapa uang saku perorangan yang harus ia berikan untuk
kedua anaknya tiap minggu tetapi uang per bulannya harus masih tersisa
Rp 1.000.000,00 untuk ditabung. Jika Ibu itu pintar Aljabar maka Ibu itu
dapat menentukan uang saku tersebut secara tepat.
Cara mengerjakan menggunakan Aljabar:
Kita anggap uang saku setiap anak per minggu sebagai x
(2.000.000 + 4.000.000) – 1.000.000 = 1.000.000 + 500.000 + 3.000.000 + (4 X 2x)
6.000.000 – 1.000.000 = 4.500.000 + (8x)
5.000.000 = 4.500.000 + 8x
5.000.000 – 4.500.000 = 8x
500.000 = 8x
x = 500.000/8
x = 62.500
{Mengapa (4 X 2x) karena 1 bulan = 4 minggu dan 2x itu adalah uang saku 2 orang anak}.
Jadi, uang saku setiap anak dalam waktu seminggu adalah Rp 62.500,00. Dengan matematika dan sistem Aljabar, cukup simple kan?
c. Penerapan Aljabar bagi para Pedagang.
Aljabar
dapat membantu pedagang untuk menghitung besar kecil keuntungan atau
kerugian yang dapat diperolehnya, dan dapat menentukan besar modal yang
dibutuhkan. Contoh penerapan Aljabar dalam kehidupan pedagang adalah
sebagai berikut:
Seorang
pedagang pempek membeli 5 kg ikan giling dengan harga Rp 60.000,00.
Dengan 5 kg ikan giling tersebut dapat dibuat menjadi 10 buah pempek
kapal selam. Pedagang itu ingin laba tiap pempek tersebut sebesar Rp
2.000,00. Maka berapa harga jualnya? Jika pedagang itu pandai
Matematika, pasti akan mudah mengetahuinya, sebaliknya, jika tidak, apa
yang akan terjadi?
Cara mengerjakan menggunakan sistem Aljabar:
Kita anggap harga jual pempek itu sebagai x.
Maka diperoleh:
x = (60.000/10) + 2.000
x = 6.000 + 2.000
x = 8.000
Jadi,
harga jual yang bisa diterapkan agar laba satu pempek Rp 2.000 adalah
sebesar Rp 8.000,00. Dengan Matematika dan aplikasi Aljabar.
2.3. Matematika dalam Kehidupan Sehari-Hari dan Prospeknya di Masa Depan
Salah
satu karakteristik matematika adalah diterapkan atau diaplikasikan
dalam bidang ilmu lain maupun dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi tidak lepas dari peranan matematika.
Ketika ada sebuah penelitian untuk membuat sesuatu yang baru atau untuk
mengembangkan suatu hal yang telah ada, maka matematika digunakan ketika
melakukan penelitian. Mulai perumusan masalah, pengumpulan data dan
fakta, penggambaran dan pengolahan data serta penganalisisan data sampai
penarikan kesimpulannya. Ketika ada masalah belajar maka perlu adanya
penyelesaian atau solusi. Kondisi seperti ini matematika digunakan
melalui investigasi dan problem solving. Kedua hal tersebut merupakan
jantungnya matematika untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan
menemukan, menganalisis, dan membuktikan serta dapat memebantu siswa
menyelesaiakan masalah yang berbeda-beda sesuai dengan situasinya. Ada
lima langkah penyelesaian masalah.
1. Menyajikan penyelesaian masalah dalam bentuk umum.
2. Menyajikan kembali masalah dalam dalam bentuk operasional.
3. Menentukan strategi atau prosedur menyelesaikan masalah
4. Menyelesaikan masalah
5. Menganalisis dan mengevaluasi strategi penyelesaian masalah serta menemukan strategi penyelesaian masalah yang baru.
Matematika
dapat digunakan untuk menyeleksi atau menyaring data yang ada. Seperti
tes seleksi calon PNS, Polisi, TNI, pelajar, mahasaiswa atau karyawan
menggunakan tes tulis dengan materi matematika (biasanya logika dan
berhitung) untuk mengetahui kemampuan berpikir cepat dan dapat
menyelesaikan masalah. Dalam bidang teknik matematika digunakan seperti
teknik informatika atau komputer menggunakan konsep bilangan basis,
teknik industri atau mesin matematika digunakan untuk menentukan
ketelitian suatu alat ukur atau perkakas yang digunakan. Menurut Andrea
J. O'Connor bahwa "Mathematic is used by engineers to solve a very wide
range of problem, including design calculations for building, machines,
electronic components or chemical plants". Bidang ekonomi menggunakan
konsep fungsi untuk memprediksikan produksi maupun penjualan. Ada
pepatah " Siapa yang menguasai matematika dan bahasa maka ia akan
menguasai dunia". Artinya matematika sebagai media melatih untuk
berpikir kritis, inovatif, kreatif, mandiri, dan mampu menyelesaikan
masalah, sedangkan bahasa sebagai media menyampaikan ide-ide atau
gagasan serta yang ada dalam pikiran manusia. Selain itu ada istilah "Di
zaman komputer yang digunakan adalah otak bukan otot". Di lingkungan
masyarakat pun secara tidak langsung orang sudah menggunakan matematika
baik itu hal kecil maupun hal besar. Seperti ketika orang menghitung
penghasilan, hasil panen, jumlah belanja, luas tanah, luas rumah,
ongkos, hak waris, dan masih banyak yang lainnya. Pada tingkat dasar,
kita perlu menghitung uang, mengalikan, mengurangi, dan membagi. Setiap
hari, kehidupan akan cukup sulit jika tidak memiliki pengetahuan tentang
matematika sedikitpun. Jelas bahwa matematika sangat berperan dalam
kehidupan sehari-hari, sehingga apabila ada siswa yang mengatakan ingin
menghindari matematika sebenarnya itu tidak dapat dilakukan. Karena mau
tidak mau matematika digunakan dalam aktivitas sehari-harinya.
Berdasarkan fenomena tersebut maka proses matematika di masa dating
sangat bagus.
Berbicara
tentang Matematika tak akan pernah terlepas dari kehidupan. Karena
hampir dalam setiap aktivitas sehari-hari entah disadari atau tidak kita
pasti menggunakan Matematika. Mulai dari bangun tidur hingga menjelang
tidur lagi. Oleh karena itu, Matematika menjadi salah satu pelajaran
terpenting yang harus dikuasai oleh setiap orang yang ingin meraih
sukses dalam kehidupannya. Dalam keahlian bermatematika kita dituntut
untuk dapat menyelesaikan masalah dengan benar, sekaligus kita diberi
kebebasan untuk menjawab dengan berbagai cara asalkan jawabannya benar
dan dengan cara yang benar. Seperti kata pepatah, “Banyak jalan menuju
Roma”. Namun, jika caranya salah atau salah dalam menuliskan satu angka
saja hasil akhirnya juga salah. Disini kita diminta untuk jujur dalam
menyelesaikan masalah yang ada dengan cara yang benar dan teliti.
Selain
itu, banyak sekali manfaat dari aplikasi Matematika dalam kehidupan
sehari-hari baik diterapkan dalam bidang ilmu lainnya maupun dalam
kehidupan sehari-hari. Bahkan Ada pepatah mengatakan “Siapa yang
menguasai matematika dan bahasa maka ia akan menguasai dunia”.
Matematika sebagai media melatih untuk berpikir kritis, inovatif,
kreatif, mandiri dan mampu menyelesaikan masalah sedangkan bahasa
sebagai media menyampaikan ide-ide dan gagasan serta yang ada dalam
pikiran manusia. Jelas sekali bahwa Matematika sangat berperan dalam
kehidupan sehari-hari, kita tidak dapat menghindar dari Matematika
sekalipun kita mengambil jurusan ilmu sosial tetap saja ada pelajaran
Matematika di dalamnya karena mau tidak mau matematika digunakan dalam
aktivitas sehari-hari.
BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Berdasarkan
uraian yang telah dibahas maka dapat ditarik kesimpulan, matematika
dapat diartikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari bilangan dan bangun
serta konsep-konsep yang berkenaan dengan kebenarannya secara logika
menggunakan simbol-simbol yang umum serta aplikasi dalam bidang lainnya.
Matematika tidak hanya diterapkan dalam kehidupan seorang matematisi
proffesional, namun matematika juga kerap digunakan seorang dokter,
insinyur elektronik, programmer, insinyur sipil, insinyur mesin, ekonom,
akuntan, manajer, maupun banyak ahli bidang lain. Matematika memang
memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari baik itu hal kecil
maupun hal besar. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak
lepas dari peranan matematika. Ketika ada sebuah penelitian untuk
membuat sesuatu yang baru atau untuk mengembangkan suatu hal yang telah
ada, maka matematika digunakan ketika melakukan penelitian. Mulai
perumusan masalah, pengumpulan data dan fakta,
3.2. Saran
Berdasarkan
beberapa pemaparan yang telah disampaikan di atas, diharapkan pembaca
untuk dapat mengetahui operasi-operasi matematika di dalam kehidupan
sehari-hari serta dapat memahami bahwa matematika memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan baik itu hal kecil maupun hal besar.
Post a Comment for "Makalah Penerapan Matematika Dalam Kehidupan Sehari-hari"