Aturan Penggunaan Angka Bahasa Arab Sesuai Kaidah Nahwu
Tugaskuliah15, Aturan Penggunaan Angka Bahasa Arab – Kembali lagi di tugaskuliah15, pada kesempatan yang baik ini, kita akan membahas materi tentang Aturan Penggunaan angka bahasa arab sesuai kaidah nahwu. Dalam materi ini membahas pengertian Ilmu Nahwu, Angka dalam bahasa arab dan Aturan Penggunaan angka bahasa arab sesuai kaidah nahwu. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasannya dibawah ini.
Aturan Penggunaan Angka Bahasa Arab Sesuai Kaidah Nahwu
Aturan Penggunaan Angka Bahasa Arab Sesuai Kaidah Nahwu |
Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai aturan penggunaan angka dalam bahasa arab, alangkah baiknya kita pahami dulu pengertian dari ilmu nahwu berikut ini:
Pengertian Ilmu Nahwu
Ilmu nahwu adalah ilmu tatabahasa arab. Ia berfungsi sebagai pengatur agar sesorang berbahasa arab dengan benar. Misalkan saja ketika menyusun kalimat, maka nahwu memberikan aturan bahwa kalimat yang benar minimal harus terdiri dari fi’il + fa’il atau mubtada’ + khabar. Bagi yang sedang mempelajari bahasa arab, wajib hukumnya mempelajari ilmu nahwu yang mana ia adalah salah satu cabang ilmu bahasa arab.
Disini saya akan berbagi tentang aturan penggunaan angka dalam bahasa arab, yang mana ia termasuk salah satu materi yang dipelajari dalam ilmu nahwu yang biasa disebut bab adad ma’dud. Dalam keseharian kita, kita tidak terlepas dari menggunakan angka. Baik itu untuk menyebutkan jumlah sesuatu, misal: 4 tas, 8 pena, 30 siswa, dan lain sebagainya. Dalam menggunakannya, kita harus tau aturan-aturannya atau cara penggunaannya. Simak penjelasannya berikut ini :
Aturan Penggunaan Angka Bahasa Arab
Penggunaan Pada Angka 1-2
Ketika menyebutkan sesuatu yang berjumlah 1, maka cukup sebutkan mufrodatnya dalam bentuk mufrad, kemudian disertai menyebut angka satu setelahnya. Contohnya Ketika kita menyebut 1 buku, maka bahasa arabnya adalah كِتَابٌ وَاحِدٌ . jika ingin menyebut sesuatu yang berjumlah 2, maka cukup menyebutkan mufrodatnya dalam bentuk mutsanna, kemudian dilanjutkan menyebut angka dua setelahnya. Misalnya jika kita menyebut 2 buku, maka bahasa arabnya adalah سَيَّارَتَانِ إِثْنَانِ .
contohnya dalam kalimat adalah sebagai berikut :
لَدَيَّ بَيْتٌ وَاحِدٌ |
1 |
Aku
punya satu rumah |
|
لَدَيَّ بَيْتَانِ إِثْنَانِ |
2 |
Aku
punya 2 rumah |
Penggunaan Pada Angka 3-10
Berikutnya yaitu aturan atau cara penggunaan pada angka 3-10. Untuk penggunaan pada angka 3-10, terbagi dalam beberapa jenis :
- Adad (angka) berjenis muannats jika ma’dudnya (sesuatu yang di jumlah) berjenis mudzakkar.
- Adad (angka) berjenis mudzakkar jika ma’dudnya (sesuatu yang di jumlah) berjenis muannats.
- Ma’dud (sesuatu yang dijumlah) dirubah menjadi jamak.
- Ma’dud (sesuatu yang dijumlah) dii’rab majrur.
- Adad (angka) dii’rab sesuai kedudukannya di dalam jumlah (kalimat).
Untuk lebih memperjelas, perhatikan
contoh-contoh berikut ini :
قَرَأْتُ ثَلَاثَ صَفَحَاتٍ |
1 |
Saya
telah membaca 3 halaman |
|
عَلَى الْمَكْتَبِ أَرْبَعَةُ أَقْلَامٍ |
2 |
Di
atas meja ada 4 pena |
Pada contoh nomor 1, ma’dudnya ialah buku (صَفْحَةٌ) Jamaknya (صَفَحَاتٌ). sedangkan adadnya adalah 3 ( ثَلَاثٌ ) berbentuk mudzakkar karena ma’dudnya muannats. Dalam kalimat tersebut adadnya dii’rab manshub karena ia sebagai maf’ul bih (obyek).
Pada contoh nomor 2, ma’dudnya adalah majalah (قَلَمٌ) jamaknya (أَقْلَامٌ). Sedangkan adadnya adalah 4 (أَرْبَعَةٌ) berbentuk muannats karena adadnya berjenis mudzakkar. Dalam kalimat tersebut adadnya dii’rab marfu’ karena ia sebagai mubtada.
Penggunaan Pada Angka 11-12
Berikutnya yaitu aturan atau cara penggunaan pada angka 11-12. Untuk penggunaan pada angka 11-12, terbagi dalam beberapa jenis :
- Adadnya (angkanya) berjumlah 2 kata, yaitu 1 atau 2 dan 10 . jadi keduanya harus sama-sama mudzakkar jika ma’dudnya mudzakkar. Dan keduanya harus sama-sama muannats jika ma’dudnya muannats.
- Adad (angka) termasuk isim mabni, ia dii’rab mahalli sesuai kedudukannya dalam jumlah (kalimat).
- Ma’dud (sesuatu yang dihitung) dii’rab manshub berkedudukan sebagai tamyiz.
Untuk lebih memperjelas, perhatikan contoh-contoh berikut ini :
فِيْ الْغُرْفَةِ أَحَدَ عَشَرَ رَجُلًا |
1 |
Didalam
ruangan ada 11 laki-laki |
|
فِيْ الْغُرْفَةِ إِثْنَا عَشَرَ رَجُلًا |
2 |
Didalam
ruangan ada 12 laki-laki |
|
فِيْ الْغُرْفَةِ إِحْدَى عَشْرَةَ اِمْرَأَةً |
3 |
Didalam
ruangan ada 11 perempuan |
|
فِيْ الْغُرْفَةِ إِثْنَتَا عَشْرَةَ اِمْرَأَةً |
4 |
Didalam
ruangan ada 12 perempuan |
Pada
contoh pertama, adadnya adalah عَشَرَ أحَدَ .
Sedangkan ma’dudnya adalah رَجُلًا. adadnya
(عَشَرَ أحَدَ ) adad murakkab mabni menempati tempatnya
rafa’ karena ia sebagai mubtada’ muakkhor. Sedangkan ma’dudnya (رَجُلًا /
اِمْرَأَةً)
dii’rab manshub karena ia berkedudukan sebagai tamyiz. Untuk contoh nomor 2 dan
seterusnya, penjelasannya sama persis dengan contoh nomo 1.
Penggunaan Pada Angka 13-99
Berikutnya yaitu aturan atau cara penggunaan pada angka 13-99. Untuk penggunaan pada angka 13-99, terbagi dalam beberapa jenis :
- Jika ma’dudnya muannats, maka adadnya harus mudzakkar. Dan jika ma’dudnya mudzakkar, maka adadnya harus muannats.
- Ma’dudnya dii’rab manshub, berkedudukan sebagai tamyiz.
- Adadnya beri’rab sesuai dengan tempatnya dalam kalimat.
Untuk lebih memperjelas, perhatikan contoh-contoh berikut ini :
فِيْ الْغُرْفَةِ ثَلَاثَةَ عَشَرَ طَالِبًا |
1 |
Didalam
ruangan ada 13 siswa |
|
فِيْ الْغُرْفَةِ أَرْبَعَةَ عَشَرَ
طَالِبًا |
2 |
Didalam
ruangan 14 siswa |
|
فِيْ الْغُرْفَةِ ثَلَاثَ عَشرَةَ طَالِبَةً |
3 |
Didalam
ruangan ada 13 siswi |
|
فِيْ الْغُرْفَةِ أَرْبَعَ عَشرَةَ طَالِبَةً |
4 |
Didalam
ruangan ada 14 siswi |
|
فِيْ الْغُرْفَةِ خَمْسَةٌ وَعِشْرُوْنَ طَالِبًا |
5 |
Didalam
ruangan ada 25 siswa |
|
فِيْ الْغُرْفَةِ خمْسٌ وَ عِشْرُوْنَ طَالِبَةً |
6 |
Didalam
ruangan ada 25 siswi |
Pada contoh nomor 1, adadnya (ثَلَاثَةَ عَشَر) berkedudukan sebagai mubtada’ muakkhar, sedangkan ma’dudnya
beri’rab manshub berkedudukan sebagai tamyiz. Sedangkan khabarnya adalah jar
majrur (فِيْ
الْفَصْلِ) .
Penggunaan Pada Angka 100 Keatas
Untuk angka 100 ke atas, tidak ada perbedaan antara muannats dengan mudzakkar. Kamu boleh menggunakan adad mudzakkar pada waktu ma’dud mudzakkar ataupun adad mudzakkar pada waktu ma’dud muannats . intinya adadnya tetap mudzakkar walaupun ma’dudnya berjenis mudzakkar atau muannats.
Perhatikan contoh berikut ini untuk lebih jelasnya:
فِيْ الْغُرْفَةِ مِائَةُ طَالِبٍ |
1 |
Di
dalam ruangan ada 100 siswa |
|
فِيْ الْغُرْفَةِ مِائَةُ طَالِبَةٍ |
2 |
Di
dalam kelas ada 100 siswi |
|
فِيْ الْغُرْفَةِ أَرْبَعُ مِائَةِ طَالِبَةٍ |
3 |
Di
dalam kelas ada 400 siswi |
|
فِيْ الْغُرْفَةِ خَمْسُ مِائَةِ طَالِبٍ |
4 |
Di
dalam kelas ada 500 siswa |
Download Aturan Penggunaan Angka Bahasa Arab*doc,*pdf.
Nah, Bagi kalian yang ingin file lengkap dari Makalah Politik Pendidikan, dibawah ini saya sudah menyiapkan link downloadnya. Kamu tinggal pilih jenis file yang ingin kalian download.
Post a Comment for "Aturan Penggunaan Angka Bahasa Arab Sesuai Kaidah Nahwu"